Situs Download Lagu Toraja Terbaru Terbaik dan Terpopuler Mp3

Tongkonan Lempe (Lolai Negri Diata Awan)

Dunia Toraja - Berbicara soal Negri diatas awan (Lolai) Toraja tidak lepas dari keindahan yang terdapat di wisata tersebut, salah satunya adalah Tongkonan Lempe.

Tongkonan Lempe Toraja
Tongkonan Lempe Toraja
Kampung Lolai Di Tongkonan Lempe Alias Negeri Di Atas Awan Toraja Utara. Mau liburan di sebuah tempat yang rasanya berada di “negeri lain” di atas awan? Cobalah ke KabupatenToraja Utara, Sulsel, tepatnya di Kampung Lolai, Kecamatan Kapalapitu. Kampung ini memiliki gugusan pegunungan yang beberapa puncaknya bisa dijangkau dan saat berada di lokasi tersebut tersaji hamparan awan di sekeliling puncak pegunungan diKampung Lolai tersebut. Berada di puncak Lolai dengan hamparan awan yang terlihat lebih rendah dari puncak seolah kita berada negeri di atas awan. Gugusan awan putih yang dihiasi pancaran sinar matahari di balik awan menimbulkaan lanskap alam yang sangat indah di mata. Beberapa rumah Tongkonan, rumah khas warga setempat juga berada di sekitar puncak Lolai. Deretan rumah Tongkonan di kampung ini dinamai Tongkonan Lempe.
Tongkonan Lempe (Lolai Negri Diata Awan)
Tongkonan Lempe (Lolai Negri Diata Awan)
Teras Tongkonan bisa ditempati pengunjung bersantai sambil memuaskan diri menikmati hamparan awan putih bersama segelas kopi Toraja yang disajikan warga penghuni rumah Tongkonan tersebut. Rumah Tongkonan milik warga kampung itu juga bisa disewa sebagai homestay wisatawan. Belum ada tarif khusus yang diatur karena Kampung Lolai “di atas awan” ini belum dikelola langsung pemerintah setempat. Sewa rumah untuk menginap di kampung tersebut berdasarkan nego dan kesepakatan saja antar pengunjung dengan pemilik rumah. Biaya parkir dan jasa lainnya pun belum diberlakukan di kampung yang sejuk dan asri ini. Namun, pengunjung juga bisa mendirikan tenda di puncak Lolai dan bermalam di tempat jika tak ingin melewatkan suasana siang dan malam di “negeri di atas awan” yang berada di ketinggian 1300 meter dari permukaan laut (mdpl).
Tongkonan Lempe
Tongkonan Lempe
Meski berada di pelosok, fasilitas listrik sudah masuk di Kampung Lolai sehingga pengunjung yang membawa gadget maupun perangkat elektronik bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan pengisian beterai (charge) maupun lainnya. Untuk berkunjung ke Kampung Lolai yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Rantepao, ibu kota Toraja Utara, pengunjung maupun wisatawan bisa mengaksesnya menggunakan kendaraan umum seperti pete-pete alias angkot maupun ojek. Tarif angkot dari Rantepao ke Kampung Lolai sekitar Rp 20 ribu sekali antar sehingga kalau PP (pergi-pulang) sekitar Rp 40 ribu. Sementara jika menggunakan jasa ojek, sekali antar sekitar Rp 30-40 ribu. Bisa pula menyewa mobil rental tapi tarifnya lebih mahal yaitu Rp 350 per hari.
Tongkonan Lempe (Lolai Negri Diata Awan)
Tongkonan Lempe (Lolai Negri Diata Awan)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tongkonan Lempe (Lolai Negri Diata Awan)

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment